Tips Membersihkan Kipas Angin Dengan Mudah

Kamis, 26 Mei 2022

Di dalam ruangan dengan cuaca yang cukup panas, kipas angin bisa menjadi pilihan untuk mendinginkan dan juga hemat daya listrik. Namun penggunaan kipas angin seringkali menjadi tempat menumpuk debu, sehingga seringkali perlu untuk dibersihkan. Sementara untuk membersihkannya, biasanya kipas angin harus dibongkar, dan kegiatan ini bisa menyita waktu yang lebih lama.

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membersihkan kipas angin dengan dibongkar, ada beberapa cara agar kipas angin dapat dibersihkan tanpa perlu dibongkar. Berikut ini beberapa tips membersihkan kipas angin tanpa dibongkar, melansir dari Top Cooling Fan.

Pembersih

Cara untuk membersihkan kipas ini mungkin sedikit rumit, yaitu dengan meletakkan kipas di tanah luar rumah. Kemudian masukkan suatu benda seperti plastik atau piring makan pada bagian mesin untuk menutupi motor kipas. Setelah itu gunakan pembersih yang mengandung zat natrium hipoklorit yang dikenal dengan pemutih rumah tangga.

Semprotkan cairan pembersih itu pada kipas lalu keringkan selama beberapa menit di bawah sinar matahari. Kipas yang sudah kering tersebut kemudian gunakan selang jet untuk mencuci kipas dengan air bersih. Jauhkan kipas angin di luar rumah dan langsung bawah sinar matahari sampai kipas benar-benar kering.

Kompresor Udara

Cara lainnya yang cukup efektif adalah dengan membersihkan kipas tanpa membongkar menggunakan kompresor udara. Namun saat melakukan cara ini, kipas harus dibawa ke ruangan yang cukup terbuka seperti teras, garasi atau basement. Serta jangan lupa untuk membawa kompresor udara dan colokan kabel untuk membersihkan kipas.

Kipas yang dibersihkan dengan metode ini bisa bersih hampir 95%. Sisa debu yang dapat dibersihkan dengan tongkat dibungkus dengan kain mikrofiber lembab untuk membersihkan bagian dalam baling-baling kipas.

Pasir atau Garam

Metode yang satu ini sangat cocok untuk membersihkan debu dan kotoran yang sudah menempel pada baling-baling kipas, baik kipas kotak, kipas dinding ataupun kipas alas. Caranya cukup mudah dan juga praktis, yaitu dengan menyiapkan selembar kertas. Kemudian letakkan kipas berada di atasnya.

Kamu bisa mengarahkan baling-baling kipas ke bawah atau ke atas. Setelah itu tuangkan pasir yang sudah bersih dan kering atau garam melalui panggangan. Pasir atau garam kemudian akan melewati bilah kipas untuk membersihkan debu dan akan jatuh ke atas kertas.

Itulah beberapa tips jika kipas kamu kotor dan ingin membersihkannya. Mengetahui tips tersebut pastinya sangat membuatmu senang, adapun kesenangan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.