Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Kamis, 31 Maret 2022

Puasa tidak semestinya dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Walaupun sedang berpuasa, kita tetap harus bergerak aktif dan produktif sepanjang hari. Rutinitas olahraga juga tidak boleh untuk dilewatkan.

Namun, tak bisa dimungkiri juga saat berpuasa tubuh akan terasa lemas karena menahan haus dan lapar. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu tetap bisa berolahraga dengan optimal. Simak informasinya berikut ini.

Pilih Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

Berolahraga saat puasa memang tak mudah untuk kamu lakukan. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur strategi yang tepat, salah satunya adalah dengan memilih waktu untuk berolahraga. Sebaiknya pilih jam yang mendekati waktu berbuka dan sahur.

Jika kamu tidak mengalami masalah berolahraga di dini hari, maka kamu bisa melakukannya sebelum sahur. Namun, tentu saja hal ini memiliki kekurangan. Saat bangun tidur, energimu mungkin belum terkumpul sepenuhnya, sehingga olahraga tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Lakukan Olahraga Intensitas Ringan dan Sedang

Alih-alih melakukan olahraga berat yang mengonsumsi begitu banyak energi, kamu sebaiknya mulai dengan intensitas ringan hingga sedang untuk menyesuaikan kondisi tubuh kamu ketika berpuasa. Tujuannya adalah tetap bergerak aktif tanpa melebihi kapasitas tubuh.

Ada beberapa jenis olahraga yang disarankan dalam hal ini, mulai dari jalan cepat, lompat tali, atau bersepeda. Durasi berolahraga disarankan tidak melebihi 20-30 menit dalam sehari.

Fokus Melakukan Strength Training atau Latihan Kekuatan

Puasa menjadi waktu yang ideal untuk fokus melakukan strength training atau latihan kekuatan alh-alih kardio. Ini lantaran latihan kekuatan dapat melatih dan mempertahankan massa otot yang umumnya menyusut ketika sedang berpuasa.

Dibandingkan kardio, latihan kekuatan tidak banyak mengonsumsi energi tubuh sehingga tidak membuat tubuh cepat merasa lemas. Latihan kekuatan meliputi gerakan push upsquat, atau glute bridge. Sebaiknya pilih gerakan ringan tidak disertai dengan gerakan melompat.

Itulah deretan tips berolahraga ketika sedang berpuasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berolahraga memang menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot bisa dilakukan ketika sedang berolahraga dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.