Sering Melamun, Pertanda Apa?

Sabtu, 14 Mei 2022

Apa hal yang lebih nyaman daripada menatap kosong ke kejauhan? Jika tidak ada hal yang sedang dilakukan, atau bahkan ketika terlalu banyak hal yang dilakukan, kemungkinan besar otak akan terjeda sejenak dan mata akan menatap hampa. Hampir semua orang pernah bengong atau melamun dari waktu ke waktu.

Beberapa orang bahkan ada yang merasa bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk istirahat mata dan pikiran. Tapi, tidak jarang masyarakat yang masih memiliki takhayul tentang orang yang sering melamun sering kesurupan.

Tanda Keadaan Psikologis

Akan tetapi, orang yang suka bengong bisa menjadi gejala dari sebuah keadaan psikologis. Melansir Healthline, melamun dapat dikategorikan sebagai sebuah bentuk dari kondisi disosiasi. Web MD mengatakan bahwa disosiasi adalah sebuah cara untuk istirahat bagi pikiran kamu untuk menangani informasi.

Kamu mungkin merasa terputus dari pikiran, perasaan, ingatan, dan lingkungan sekitar dengan sejenak. Namun, tidak perlu khawatir karena melamun masih tergolong disosiasi yang ringan.

Efek Melamun

Berdasarkan studi di artikel PLOS One, melamun adalah sebuah hasil dari “hipotesis decoupling”. Hal ini didefinisikan sebagai waktu ketika otak memisahkan perhatian dari luar. Otak memutuskan bahwa tidak ada hal yang sangat penting atau berbahaya yang akan terjadi. Oleh karena itu, otak akhirnya memutuskan hubungan antara apa yang sedang terjadi di dunia luar dengan dunia dalam.

Saat melamun, bukan hanya otak yang mengalami perubahan, tetapi bahkan cara mata bergerak juga. Smallwood dan Schooler menemukan bahwa dalam keadaan normal, pupil kamu akan membesar ketika ada perubahan di sekitarmu. Tapi, ketika melamun, pupil akan gagal merespons perubahan yang terjadi di sekitar.

Faktor Penyebab Melamun

Melamun adalah hal yang sangat normal. Meskipun begitu, Healthline mengatakan bahwa faktor-faktor seperti kurang tidur, informasi berlebihan bisa membuat kamu lebih rentan akan bengong, bahkan ketika melakukan aktivitas yang benar-benar membutuhkan perhatian penuh.

Itulah beberapa tanda kamu sering melamun, melamun adalah hal yang normal dan ketika melamun kita bisa membayangkan hal-hal yang menyenangkan yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya. Namun, ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot, bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.