Seorang Bocah di Kendari, Sulawesi Tenggara Jualan Jagung Hingga Larut Malam

Senin, 21 Maret 2022

Seorang bocah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berjualan jagung rebus sampai larut malam. Anak itu belakangan diketahui mempunyai nama yaitu Riko (9) yang sedang membantu neneknya.

Dalam video yang beredar, Riko tampak sedang memikul jagung rebus dagangannya. Tanpa kenal lelah, Riko menawarkan jagung rebus ke pengendara yang sedang melintas. Seorang pria dalam video lantas menyapa dan membeli jagung rebus Riko dalam jumlah yang banyak.

Karena jualannya tinggal sedikit, Riko meminta izin untuk mengambil jagung tambahan kepada neneknya yang sedang berjualan di lampu merah. Dalam unggahan, pria tersebut menyematkan keterangan ‘demi membantu neneknya mencari rezeki, adik ini rela jualan hingga jam 10 malem’.

Riko mengaku setiap harinya menjual jagung rebus buatan nenek. Setiap hari, Riko bisa menjual jagung rebus tidak kurang dari 200 biji. “Tidak semua saya bawa, kalau habis ya saya ambil lagi, sampai cukup 200,” ujar Riko.

Riko mengatakan bahwa, neneknya sudah cukup tua jika harus berjualan sendiri, sehingga dia sebagai cucu laki-laki ikut turun tangan untuk berjualan. Setiap harinya, Riko berjualan sejak pulang sekolah pada pukul 14.00 WITA. Riko baru akan pulang jika seluruh jagung jualannya terjual habis.

“Tidak pasti kapan pulang, kadang jam 7 malam, kadang jam 8 malam dan paling akhir jam 10 malam, biasanya nenekku sudah marah-marah kalau pulangnya terlalu malam,” ujar Riko. Bocah yang saat ini duduk di bangku Kelas 3 SD Negeri 11 Kendari ini mengungkapkan neneknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Akibatnya, Riko harus membantu ekonomi agar menjadi cucu yang berbakti. Sementara itu, nenek Riko, Fepi mengatakan cucunya itu sering menegur Riko karena selalu jualan sampai larut malam. Alasannya, Riko masih terlalu kecil untuk bekerja keras.

“Iya, Riko suka jualan sampai larut malam. Sudah sering dikasih tahu, tapi Riko tidak mau dengar,” ujar Fepi. Bibi Riko, Dewi mengungkapkan Riko sejak kecil sudah mulai suka berjualan. Riko menunjukkan keseriusannya berjualan sejak setahun yang lalu.

Mengetahui bahwa adanya anak yang berumur 9 tahun berjuang demi mencukupkan ekonominya pastinya hati kita sangat tersentuh dan ingin membantu. Tidak ada hal yang menyenangkan sama sekali dari hidup yang seperti itu. Namun, ada juga hal yang menyenangkan yaitu bermain slot. Permainan slot hanyalah untuk mencari hiburan saja dan jika memang menang, itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.