Pilihan Oleh-Oleh di Bali, Inilah Beberapa Produk UMKM Lokal

Kamis, 12 Mei 2022

Bali merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi di Pulau Dewata. Nah, setelah berwisata tentu tidak afdhol jika kamu tidak membawa buah tangan. Di Bali sendiri banyak cenderamata alias oleh-oleh yang bisa dibeli untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Ada banyak produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari pengrajin lokal dan pengusaha di Bali yang bisa dipilih. Berikut ini adalah pilihan produk-produk UMKM dari perajin dan pengusaha Bali yang bisa dibeli seperti dirangkum dari Indonesia.travel.

Jenggala

Untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk para ibu rumah tangga, produk dari Jenggala ini bisa menjadi salah satu pilihan. Ada berbagai macam aneka produk keramik artistik, unik, dan penuh warna yang bisa dibeli. Jenggala memiliki beragam produk perabotan rumah, peralatan meja, spa dan kamar mandi.

Setiap bentuk dan ukiran estetik dari produk keramik Jenggala menggambarkan kekhasan Bali seperti ukiran Kelapa, Ingka, Griya, Patra Punggel, Bambu, dan yang lainnya. Jenggala sendiri merupakan UMKM yang berdiri sejak tahun 1976 dan telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada tahun 2010.

KunangKunangku Bali

Jika mencari oleh-oleh untuk anak-anak, produk Kunangkunangku Bali bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang. Ada beragam macam boneka yang bisa dibeli. Boneka empuk dan lucu tersebut buatan tangan para pengrajin di KunangKunangku Bali. Enggak cuman anak-anak aja, boneka-boneka ini pun sangat cocok untuk orang dewasa yang suka dengan boneka.

Boneka-boneka dari Kunangkunangku bisa digunakan baik untuk dekorasi kamar atau mobil, desain dan bahannya pun dibuat sedemikian rupa hingga terasa sangat lembut dan nyaman ketika dipeluk.

Maharani Handicraft

Aksesoris estetik pun menarik akan menjadi sebuah pilihan oleh-oleh. Salah satunya adalah sebuah produk dari Maharani Handicraft yang menyuguhkan berbagai macam aksesoris berbahan-bahan alami seperti batu permata, besi, dan kayu.

Bahan-bahan tersebut kemudian disulap oleh para pengrajin yang sangat handal menjadi anting, cincin, gelang, serta kalung dan aksesoris lainnya. Ukiran artistik dan berkelas menjadikan produk-produk Maharani Handicraft bahkan sempat diborong oleh negara-negara maju seperti Amerika, Jerman dan juga Inggris.

Bisa berlibur ke Bali dan membawa pulang oleh-oleh merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.