Penjelasan Ilmiah Mengapa Tubuh Berkeringat Setelah Mandi

Selasa, 28 Juni 2022

Setelah mandi, kesegaran tubuh adalah yang kita harapkan. Alih-alih mendapatkan kesegaran, terkadang keringat justru membanjir ke seluruh tubuh kita. Kegerahan selepas mandi adalah fenomena yang cukup sering terjadi. Bahkan tidak butuh waktu lama tubuh kegerahan selepas mandi.

Kegerahan selepas mandi bisa disebabkan dari berbagai faktor. Menurut Riverchase Dermatology, faktor pertama adalah kelembaban udara yang ada pada kamar mandi. Bisa jadi, kamar mandi kamu minim ventilasi. Jadi ketika kamu menutup pintu selama beberapa menit, tak ada aliran udara segar yang bisa mengurangi kelembaban ruangan kamar mandi.

Yang kedua, faktor pemilihan suhu air yang digunakan untuk mandi. Jika kamu mandi menggunakan air panas atau air hangat, maka suhu tubuh pun akan otomatis meningkat. Baik suhu pada kulit ataupun rambut. Peningkatan suhu ini akan membuat tubuh merasa sangat gerah dan panas, juga terasa lengket karena kelembaban yang tinggi.

Shilpi Khetarpal, ahli dermatologi dari Cleveland Clinic, menyatakan bahwa suhu air panas yang tertinggal pada kulit dan rambut akan terus menghangatkan suhu tubuh sehingga akan memicu keringat jika cuaca sedang panas. Melansir dari Pop Sugar, ketika keringat banyak membanjir ketika kamu mengeringkan tubuh dengan handuk, bisa jadi ada kesalahan ketika kamu mengeringkan tubuh.

Gesekan yang terlalu keras antara handuk yang bertekstur kasar dengan kulit bisa memicu panas pada permukaan kulit. Faktor berikutnya, kamu bisa berkeringat meski sudah mandi jika kamu mengguyur tubuh langsung selepas selesai berolahraga.

Agar selepas mandi kita menemukan kesegaran, jangan langsung mandi ketika selesai berolahraga. Tunggu sekitar 20-30 menit dahulu agar suhu tubuh kamu turun, baru guyurlah tubuh dengan air bersih. Ketika kamu mandi dengan air panas, jangan langsung menghentikan mandi begitu saja selepas tubuh terasa bersih.

Turunkan dulu suhu air pelan-pelan hingga mendekati suhu dingin, agar terjadi perubahan suhu dari ujung kepala sampai ke ujung kaki. Kemudian atur ventilasi yang benar di kamar mandimu. Jangan sampai uap panas dari air dan pernapasan kita terkumpul menjadi satu dan tidak bisa keluar dari kamar mandi.

Itulah beberapa faktor dan informasi mengapa ketika selepas mandi kamu malah berkeringat dan bukan kesegaran. Mengetahui informasi seperti ini mungkin akan menyenangkan untukmu, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.