Penginapan di Puncak, Bogor Jadi “Hantu”, Dijual Murah

Senin, 14 Maret 2022

Muncul fenomena obral hotel di platform e-commerce sejak 2 tahun belakangan karena pandemi Covid-19 di Indonesia. Dan, beberapa hotel di kawasan wisata Puncak, Bogor-Cianjur, Jawa Barat kosong dan terlihat tak terurus. Meskipun kawasan ini sudah mulai ramai dalam beberapa waktu terakhir, tapi tidak cukup membantu pengelola hotel untuk bertahan.

Banyak para pemilik hotel yang kini menyerah dan merelakan asetnya ke pasaran. Hal ini terlihat di beberapa situs jual beli properti, dimana pemilik rela melepas dengan harga yang lebih murah agar terjual segera.

Salah satunya yaitu hotel dengan inisial LN yang berada di Jl. Raya Puncak, Cisarua Bogor. Hotel seluas 5.756m2 ini terdiri dari 45 kamar hotel dan 3 ruang rapat. Di dalamnya tersedia fasilitas lapangan tenis, lapangan bulutangkis, tenis meja, taman bermain, kolam renang, danau untuk memancing seluas sekitar 5.000 m2.

Jika memiliki budget lebih rendah, pilihan lain juga bisa mengarah pada hotel A di Cisarua, Bogor. Hotel ini terdiri dari 43 kamar tidur dan 46 kamar mandi, luas tanah sekitar 1.964m2 serta luas bangunan 2.488m2. Pemilik melepasnya dengan harga Rp. 20 miliar.

Pemerhati properti Ajib Hamdani mengungkapkan bahwa, faktor yang membuat banyak hotel gulung tikar adalah ketidaksiapan para pengusaha perhotelan dalam menghadapi persaingan hotel-hotel baru atau hotel lama tapi dengan konsep baru.

Tekanan pandemi Covid-19 yang cukup memukul dari sisi permintaan kamar menambah beban bagi bisnis hotel di Puncak yang diduga masuk fase jenuh. Pilihan masyarakat dalam memilih hotel dengan konsep terbuka merupakan dampak besar dari adanya pandemi Covid-19.

Itu berdampak pada persaingan hotel-hotel yang sudah ada. Pelaku usaha harus bisa membaca dengan baik fenomena ini untuk bisa menentukan posisi serta mengambil bagian dari pertumbuhan ekonomi.

Karena Pandemi Covid-19 banyak para wirausahawan yang”gulung tikar” akan usahanya. Tidak hanya usaha-usaha kecil namun usaha besar seperti “Hospitality Industri” pun tidak menutup kemungkinan untuk menutup ataupun menjual usaha mereka. Seperti halnya yang diberitakan tersebut para pengusaha hotel di daerah Bogor tidak sedikit yang menjual aset mereka. Bisa pergi liburan ke Bogor dan menginap di hotel pasti sangat seru dan menyenangkan, tapi ada juga hal lain yang seru yaitu bermain slot. Sambil liburan di Bogor sambil bermain slot adalah hal yang sangat menyenangkan dan jika memang menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.