Olahraga Untuk Orang yang Memiliki Berat Badan Berlebih, Apa yang Paling Baik?

Jum’at, 25 Maret 2022

Olahraga merupakan salah satu aspek penting yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, lewat olahraga juga bisa menurunkan berat badan bila diimbangi dengan asupan makanan yang baik serta aktivitas fisik yang cukup.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Sophia Hage, mengatakan bahwa sebuah aktivitas bisa disebut sebagai olahraga bila memenuhi kriteria FITT, apa itu?

FITT merupakan awalan dari kata Frekuensi, Intensitas, Tipe, dan Time. Jadi, olahraga yang tepat adalah olahraga yang bisa memenuhi empat point tersebut.

Frekuensi artinya seberapa sering berolahraga, sesuai dengan rekomendasi WHO bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga setidaknya dilakukan 150 menit dalam seminggu. Jadi, bisa 3 kali dalam waktu 50 menit atau 5 kali dalam waktu 30 menit.

Intensitas terbagi menjadi rendah, sedang, dan tinggi. Bagi yang tidak memiliki masalah kesehatan, bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi. Berbeda dengan halnya mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, tidak bisa melakukan intensitas tinggi.

Tipe olahraga bisa kardio ataupun angkat beban. Bagi orang dengan obesitas, maka olahraga high impact tidak dianjurkan, seperti olahraga yang melibatkan loncat, lari, dan lompat. Jadi, lebih baik berenang, bersepeda, atau jalan cepat.

Lalu, time atau durasi merujuk pada lama waktu dan jarak atau kalori. Lama waktu adalah jumlah waktu yang digunakan untuk olahraga. Jarak menunjuk pada panjangnya langkah, kayuhan, atau pedal yang dapat ditempuh. Sementara, kalori merujuk pada jumlah energi yang digunakan selama melakukan olahraga.

Olahraga merupakan hal menyenangkan, membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Namun, ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot bisa dilakukan ketika sedang berolahraga dan jika menang itu hanyalah sebuah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.