Menyulap Pasar Sarijadi Dari Pasar Tradisional Menjadi Pasar Modern

Selasa, 15 Maret 2022

Proyek renovasi Pasar Sarijadi rampung yang dulu kumuh, sekarang dipoles menjadi lebih modern, bersih dan bernilai estetika. Wali Kota Bandung, yaitu Ridwan Kamil melakukan soft launching di Pasar Kontemporer Sarijadi. Proyek revitalisasi pasar ini diharapkan menjadi awal dari kebangkitan perbaikan bangunan pasar-pasar lain di Bandung.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan dari renovasi-renovasi sisa pasar di seluruh Kota Bandung. Nantinya bakal dibikin minimal seperti Pasar Sarijadi,” ujar Ridwan Kamil. Pasar Sarijadi mempunyai konsep berbeda dari pasar lain di Bandung. Bangunan tersebut memiliki 3 lantai.

Lantai pertama ditempati oleh pedagang sembako. Untuk memberi suasana modern, di lantai dua akan ditempati pedagang pakaian, kerajinan (UMKM), coffee corner, dan ada barbershop. Sementara di lantai paling atas dipakai khusus pusat jajanan yang serba ada. Bagian dinding belakang pasar sengaja dilukis untuk menambahkan nilai seni dalam bangunan tersebut.

Struktur bangunan terbuat dari material utama rangka baja. Sedangkan bagian sisi bangunan dibiarkan terbuka tanpa sekat agar memberikan kesan luas bagi masyarakat dan juga pedagang. Material lapak terlihat seragam, yaitu menggunakan kayu berwarna cokelat lengkap dengan laci untuk menyimpan barang dagangan. Untuk mempermudah para pengunjung dari kalangan penyandang disabilitas, hampir tidak ada tangga yang jadi fasilitas naik ataupun turun.

“Semoga inovasi pembangunan ini bisa mengikis persepsi kondisi kelayakan pasar tradisional di mata masyarakat,” ujar Ridwan. Dia pun berharap pasar kreatif dan unik di Bandung bisa mendapat atensi dari Bpk. Presiden Joko Widodo.

Pak Jokowi pernah memberi amanat, dulu ingin melihat pasar kreatif dan unik. Dulu pasar ini becek, kotor dan jorok. Sekarang Pasar Sarijadi sudah dibikin terbuka, sederhana, dan sengaja dibuat ada cafe-nya, ada produk Usaha Kecil Menengah (UKM)-nya juga ada kulinernya,” tutur pak Ridwan Kamil.

Saat soft launching, pasar itu dihampiri banyak warga Kota Bandung. Mereka adalah calon konsumen dan juga calon pedagang. Nunung Herawati (42) salah satu pedagang asal Cihanjuang mengaku optimis desain bangunan yang modern dan bersih bisa mendongkrak penjualannya.

Mengubah pasar tradisional menjadi modern adalah langkah yang sangat bagus. Bisa menyenangkan masyarakat sekitar dan membuat pengunjung betah, apalagi ada cafenya, bisa untuk santai dan kumpul-kumpul bersama rekan. Bisa berkumpul bersama rekan di pasar modern yang ada cafenya sangatlah seru dan asik. Namun, ada juga hal seru lainnya yaitu bermain slot. Permainan slot bisa dimainkan ketika berkumpul bersama rekan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.