Menyeduh Teh Menggunakan Air Dingin? Inilah Caranya dan Manfaatnya

Kamis, 30 Juni 2022

Teh seperti kopi, seringnya diseduh menggunakan air panas agar daun dan ranting teh bisa terekstrasi dengan cukup sempurna. Padahal untuk menikmati teh, kamu tak harus menyeduhnya menggunakan air panas. Kamu bisa mendapatkan segelas teh dingin yang diseduh menggunakan air es.

Melansir dari Nation’s Restaurant News, menyeduh teh menggunakan air dingin memiliki begitu banyak manfaat. Selain manfaat soal rasa, ada juga manfaat dalam kesehatan. Apakah air dingin bisa mengekstrasi sari-sari daun pada teh? Ternyata bisa, asal kamu tahu caranya.

Teh juga mengandung kafein, sama halnya seperti kopi. Ketika teh diseduh menggunakan air dingin, konsentrasi kafein dalam larutan teh tidak akan setinggi teh yang diseduh menggunakan air panas. Hal ini tentu saja mendatangkan manfaat kesehatan, terutama bagi kamu yang mengalami gangguan kesehatan seperti insomnia, asam lambung, dan tekanan darah tinggi.

Menyeduh teh menggunakan air dingin bisa mengekstrasi daun teh secara pelan-pelan dan dalam jangka waktu lama. Hasilnya? Teh yang ada akan memiliki citarasa lebih lembut, tidak terlalu pahit, dan memiliki aroma teh yang lebih terasa dari biasanya.

Menyeduh teh menggunakan air dingin juga lebih bisa menguatkan senyawa antioksidan yang terkandung di dalam teh. Yang tentu saja, membuat teh menjadi jauh lebih sehat dan sangat bernutrisi. Tidak semua teh cocok diseduh menggunakan air dingin. Jadi kamu harus memilih jenis teh dengan spesifik ketika akan membuat segelas es teh menggunakan air dingin.

Mengutip dari artikel Cold Brew Tea’s Time has Come yang ditulis Lin Zhen, teh yang cocok diseduh dengan air dingin adalah teh hitam, teh hijau, teh herbal, teh putih, dan teh oolong. Seperti yang dikutip dari Lifehacker, untuk menyeduh teh menggunakan air dingin, caranya memang cukup mudah.

Gunakan teko kaca, masukkan beberapa kantong teh, lalu berikan air dingin atau air es.  Perbandingan untuk teh dan air adalah 1 kantong teh untuk 4 gelas air. Jadi sesuaikanlah jumlah kantong teh dengan kapasitas teko milikmu. Setelah terisi air, tutup teko dengan rapat dan simpan di dalam lemari es dalam waktu semalaman. Biarkan daun teh terendam air dingin selama 8-10 jam.

Itulah salah satu cara untuk menyeduh teh menggunakan air dingin. Mengetahui ada cara lain dalam menyeduh teh pastinya menyenangkan untukmu, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.