Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan yang Perlu dan Wajib Kamu Ketahui

Jum’at, 8 April 2022

Buah kurma sangat identik dengan bulan puasa Ramadhan. Pada bulan puasa Ramadhan, buah manis ini akan sangat mudah ditemui baik itu dalam bentuk buah maupun dalam bentuk makanan olahan berbahan dasar kurma.

Selain mempunyai rasa yang manis, buah kurma juga mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak terus artikel ini untuk mengetahui manfaat buah kurma!

Bernutrisi

Kurma merupakan buah yang tinggi akan nutrisinya. Kalori paling banyak dalam buah kurma adalah karbohidrat. Dilansir dari Healthline, dalam 100 gram kurma mengandung 277 kalori dan 75 gram karbohidrat.

Tidak hanya mengandung karbohidrat, kurma juga mengandung mineral dan vitamin, di antaranya vitamin B6, potasium atau kalium, magnesium, zat besi, mangan, dan tembaga. Kurma juga mengandung berbagai jenis asam amino yang tidak ditemukan dalam buah-buahan lainnya yang lebih populer, seperti jeruk, apel, dan anggur.

Kaya Akan Serat

Serat sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Memenuhi kebutuhan serat lewat menu makan sehari-hari dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan. Buah kurma ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dalam 100 gram buah kurma diketahui mengandung 7 gram serat.

Selain dapat memperlancar defekasi, serat yang ada dalam buah kurma juga baik untuk menjaga kadar gula darah. Seratnya ini akan memperlambat pencernaan sehingga dapat mencegah gula darah naik dengan cepat sehabis makan.

Mengandung Antioksidan

Buah kurma juga mengandung zat antioksidan. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan yang terkandung dalam buah kurma di antaranya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat.

Adanya antioksidan dalam buah kurma dapat mencegah berkembangnya penyakit kronis seperti penyakit kanker, jantung, dan lainnya. Konsumsi buah kurma juga dilaporkan memberikan perlindungan dari beberapa keganasan, seperti kanker kolon, endometrial, pankreas, paru-paru, dan lainnya.

Diatas adalah manfaat buah kurma yang kamu konsumsi ketika bulan puasa. Bisa berbuka puasa dengan buah kurma adalah hal yang menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika kamu menang itu hanyalah sebuah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.