Manfaat Berolahraga Ketika Sedang Menjalani Ibadah Puasa Untuk Kesehatan Fisik

Jum’at, 29 April 2022

Puasa terkadang menjadi salah satu alasan seseorang untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan apa-apa bahkan sampai berolahraga. Padahal olahraga ketika berpuasa memiliki banyak manfaatnya.

Menurut dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kunjung Ashadi, olahraga ketika berpuasa justru dapat membuat badan tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Seperti dikutip dari laman resmi UNESA, berikut ini adalah manfaat olahraga ketika sedang berpuasa.

Lebih Produktif

Tubuh yang segar dan bugar, juga suasana hati yang baik ini bisa mingkatkan kinerja dan produktivitas selama berpuasa. Pasalnya, ketika sedang berpuasa dan perut merasa lapar, terkadang kita akan merasa mudah mengantuk dan hanya ingin bermalas-malasan.

“Bawaanya pasti mager (males gerak). Kalau dituruti, pekerjaan dan pencapaian target bisa-bisa molor,” ungkap Kunjung. “Kalau olahraga, kita punya badan dan energi yang siap serta emosi yang cukup stabil untuk menyelesaikan pekerjaan atau suatu tugas tertentu,” tambahnya.

Meminimalisir Penurunan Fisik

Olahraga ketika sedang berpuasa juga mengurangi risiko penurunan masa otot atau penurunan fisik yang terlalu dalam. Fisik kita selama puasa pada umumnya pasti mengalami penyusutan. Sehingga, untuk bisa menjaga masa otot atau fisik diperlukan sedikit olahraga atau aktivitas fisik.

Contohnya adalah jika seseorang sudah lama tidak joging atau push up, ketika tiba-tiba diminta joging atau push up, maka badan terasa kaku dan tentunya akan cepat merasa kelelahan. Kondisi seperti ini sangat dipahami sebagai penurunan fisik plus fungsi fisik akibat jarang digunakan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Mengurangi Stres

Perut kosong dan rasa lapar membuat kondisi cenderung merasa lemas, belum lagi adanya beban kerja yang cukup berisiko membuat seseorang rentang mengalami stres. Beban pikiran dan beban psikologis sangat berisiko terhadap turunnya daya tahan tubuh.

Sedangkan, kita harus tetap menjaga daya tahan tubuh dan imunitas kita tetap terjaga ketika sedang berpuasa, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Dengan berolahraga kamu dapat mengurangi beban pikiran dan psikologis.

Itulah beberapa tips dan manfaat berolahraga ketika sedang berpuasa. Memiliki badan yang sehat dan bugar pastinya menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanya bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.