Makanan Takjil Untuk Berbuka Puasa Masih Ada yang Mengandung Boraks

Selasa, 26 April 2022

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan masih ditemukan panganan atau makanan takjil yang mengandung Formalin, Boraks dan juga Rhodamin.

Kepala Badan POM, Penny K. Lukito mengatakan, meskipun terjadi penurunan tetapi sangat disayangkan masih ditemukannya makanan takjil yang biasa di perjual-belikan untuk konsumsi berbuka puasa di sejumlah wilayah masih mengandung bahan yang dilarang.

Pangan jajanan takjil yang mengandung bahan yang dilarang digunakan pada panganan ini mengalami penurunan yang cukup signifikan dari sekitar 1,77 persen pada tahun 2021 menjadi 1,51 persen pada tahun 2022 yang artinya penurunannya sekitar 0,26 persen.

Penny menjelaskan, temuan makanan takjil buka puasa ini merupakan hasil dari intensifikasi pengawasan pangan selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah ini, yaitu sejak 28 Maret 2022 di seluruh provinsi di Indonesia.

Intensifikasi pengawasan pangan ini pun masih akan dilakukan sampai hai raya lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, tepatnya tanggal 6 Mei 2022. Terkait target intensifikasi pengawasan difokuskan pada pangan olahan terkemas TMK, yakni pangan olahan Tanpa Izin Edar (TIE)/ilegal, kedaluwarsa, dan rusak di sarana peredaran.

Pada umumnya pangan olahan TMK ini diambil dari sampel random dari panganan importir, distributor, ritel, tradisional, pasar, para pembuat atau penjual parsel, dan gudang e-commerce. Dalam pengawasan ini makanan-makanan takjil buka puasa yang tidak layak konsumsi masih saja beredar luas.

Untuk itu, Penny juga mengingatkan, agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan sebelum mengkonsumsi atau membeli makanan olahan dan makanan takjil buka puasa.

Sedih rasanya jika di bulan ramadhan ini masih ada saja makanan yang mengandung Boraks, tak ada hal yang menyenangkan dari hal ini. Adapun hal yang menyenangkan adalah bermain slot. Bermain slot memang menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.