Kejari Ngawi Memusnahkan 9 Pohon Ganja Kering Caranya Dengan Dibakar

Jum’at, 1 April 2022

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memusnahkan sembilan pohon ganja yang merupakan barang bukti kasus kejahatan penyalahgunaan narkotika di wilayah setempat. Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Selain sembilan pohon ganja, barang bukti lain juga dimusnahkan antara lain, narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 5,61 gram, pil koplo sebanyak 1.504 butir, sejumlah minuman keras dan yang lainnya,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Ngawi, Budi Raharjo saat memimpin kegiatan pemusnahan di halaman kantor Kejari Ngawi, pada hari Kamis (31/3/2022).

Budi menjelaskan seluruh barang bukti itu adalah hasil dari 34 perkara yang ditangani oleh Kejari Ngawi terhitung sejak bulan Desember 2021 hingga Maret 2022. Dari 34 perkara tersebut, merupakan campuran dari kasus tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus yang ditangani oleh Kejari setempat.

Budi menjelaskan, pemusnahan barang bukti merupakan suatu keharusan. Hal itu karena untuk mengantisipasi penyalahgunaan barang bukti yang ada. Selain itu, proses pemusnahan barang bukti tersebut telah ditetapkan dalam aturan, sebagaimana diatur bagi barang bukti kasus kejahatan yang telah berkekuatan hukum yang tetap.

Adapun, sejumlah barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara yang berbeda-beda. Untuk narkoba dimusnahkan dengan cara dicampur air lalu di blender dan dibuang. Selain itu juga ada yang dibakar, seperti pohon ganja kering. Sedangkan barang bukti minuman keras dimusnahkan dan dibuang ke selokan.

Kemudian, barang bukti seperti ponsel dihancurkan dengan digilas dan dipotong menggunakan mesin pemotong dan terakhir barang bukti berupa baju, kertas, dan lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Proses pemusnahan barang bukti itu telah sesuai dengan putusan majelis hakim, yaitu disita untuk dimusnahkan. Ini wajib untuk dimusnahkan, jangan sampai ada penyalahgunaan yang lainnya,” kata Budi.

Narkotika memang menyeramkan, tidak ada hal yang bahagia ketika mengkonsumsi narkotika. Namun, ada juga hal yang membahagiakan yaitu bermain slot. Bermain slot hanya untuk mencari hiburan saja dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.