Jokowi Buka Suara Tentang Perang Ukraina VS Rusia, Sebut Perang Adalah Maslah Ego

Selasa, 8 Maret 2022

Presiden kita, Bpk. Joko Widodo memberikan tanggapan atas situasi terkini terkait konflik Ukraina dengan Rusia. Presiden menilai gagalnya kesepakatan gencatan senjata dalam perang di Ukraina akan menambah parah krisis kemanusiaan di negara itu.

Pak Jokowi memposting tweet di akun Twitternya @jokowi, yang berisi, “Gagalnya kesepakatan gencatan senjata yang terjadi di Ukraina bukan hanya mendorong eskalasi konflik bersenjata akan tetapi semakin bertambahnya korban jiwa dan krisis kemanusiaan di Ukraina.

“Perang adalah soal ego, melupakan sisi kemanusiaan, dan hanya menonjolkan kepentingan dan kekuasaan”, lanjut Pak Jokowi. Jokowi mengungkapkan, menurut data dari organisasi pengungsi dunia atau UNHCR, terdapat 1,2 juta manusia harus mengungsi ke negara lain karena perang di Ukraina.

Jika kondisi masih terus berlanjut menurutnya kemungkinan krisis pengungsi dalam skala besar bisa terjadi. Cuitan kepala negara itu disampaikan secara singkat dan padat tanpa memberikan konteks terhadap kondisi peperangan mana yang dimaksud.

Sebagaimana diketahui, Presiden Rusia Vladimir Putin pada 23 Februari 2022 telah mendeklarasikan perang dengan Ukraina. Hingga kini terhitung sudah 13 hari operasi militer telah dijalankan dan dilaksanakan. Saat itu Vladimir Putin menyatakan Rusia sedang melakukan operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi Ukraina.

Perkembangan terakhir, Presiden Vladimir Putin mengatakan, operasi militernya di negara Ukraina bisa disetop asalkan Kyiv berhenti melawan dan memenuhi tuntutan Moskwa. Hal tersebut disampaikan oleh Vladimir Putin ketika berbicara via telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Adapun juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Senin (7/3/2022) memberikan informasi kepada khalayak umum berbagai hal yang menjadi tuntutan Rusia untuk Ukraina, yaitu:

  • Ukraina menghentikan aksi militer.
  • Mengubah konstitusinya untuk mengabadikan netralitas.
  • Mengakui Crimea sebagai wilayah.
  • Rusia Mengakui republik separatis Donetsk dan Luhansk sebagai negara merdeka.
  • Stop War, telah dikumandangan diseluruh dunia, dengan kondisi pandemi yang belum berhenti alangkah baiknya kita tidak melakukan perang dengan siapapun. Ada hal yang lebih menyenangkan dan seru daripada perang yaitu bermain game slot. Permainan slot hanyalah untuk hiburan semata, jika memang menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

    This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.