Jangan Buang Ampas Kopi, Inilah Manfaat Lainnya yang Bisa Digunakan

Kamis, 30 Juni 2022

Kopi mengandung kafein, antioksidan dan beberapa mineral yang cukup bisa menyehatkan tubuh. Bahkan setelah diseduh dan sarinya diminum untuk mendongkrak semangat dan meningkatkan fokus, ampas kopi masih bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

Ampas kopi tetap mengandung berbagai macam properti yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga, menyuburkan tanaman, hingga melunakkan serat pada daging sapi. Jadi selepas menyesap kopi pagi, jangan buang ampas kopimu. Gunakan ampas kopi untuk beberapa kebutuhan berikut ini.

Mengempukkan Daging

Daging bisa sangat alot karena mengandung begitu banyak otot dan protein. Dan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging yaitu ampas kopi. Ampas kopi mengandung asam dan enzim yang bisa bekerja untuk melunakkan daging. Kandungan asam pada kopi juga dipercaya bisa mengeluarkan kaldu daging secara maksimal sehingga membuat kuah daging terasa lebih harum dan juga terasa gurih.

Untuk melunakkan daging, ambil sesendok ampas kopi dan balurkan ke seluruh permukaan daging yang ingin kamu gunakan. Biarkan selama kurang lebih 2 jam, baru olah daging sesuai resep favorit. Atau, kamu bisa merebus ampas kopi dan gunakan larutannya untuk merendam daging. Masukkan daging semalaman di kulkas sebelum keesokan paginya daging diolah hingga matang.

Menyuburkan Tanaman

Melansir dariĀ Healthline, tanaman bisa menyerap nutrisi yang terkandung dari dalam tanah. Tapi, memberikan pupuk berupa ampas kopi tak ada salahnya, justru bisa semakin menyuburkan tanaman. Ampas kopi mengandung senyawa nitrogen, kalsium, potasium, zat besi, phosporus, magnesium dan chromium.

Selain bisa memberi nutrisi tambahan pada tanaman, properti pada ampas kopi ini juga bisa menyerap kandungan zat besi berat yang ada pada tanah yang bisa meracuni tanaman. Manfaat selanjutnya adalah, ampas kopi juga bisa menarik cacing mendekat. Ketika media tanam dipenuhi dengan cacing, tanah pun akan semakin subur.

Mengusir Bau Tak Sedap

Ambil ampas kopi dan taburkan ke tempat sampah kamu untuk mengusir bau limbah dapur yang tak sedap. Ampas kopi bisa menyerap bau tidak sedap. Ditambah, aroma dari ampas kopi bisa menutup sisa bau tak sedap yang ada.

Itulah beberapa kegunaan ampas kopi yang sangat bermanfaat untukmu. Mengetahui ada manfaat lain dari ampas kopi memanglah sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.