Inilah Tips Untuk Mengurangi Kebiasan Mendengkur Ketika Tidur

Sabtu, 11 Juni 2022

Kebiasaan mendengkur mungkin cukup menyusahkan untuk sebagian orang. Teman tidur kitalah yang akan merasa tersiksa dengan kebiasaan kita mendengkur ketika tidur ini. Level gangguan yang ada tergantung dari intensitas dan volume dengkuran yang kita lakukan secara tidak sadar. Ada yang mendengkur dalam suara lirih, ada yang mendengkur dengan suaranya yang cukup kencang hingga terdengar hingga dari luar kamar.

Mendengkur sendiri bisa disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar penyakit berat. Seperti karena hidung tersumbat, sleep apnea, atau karena anatomi hidung dan langit-langit lunak yang berbeda-beda dan menyebabkan aliran udara di hidung menjadi tersendat. Untuk mengurangi kebiasaan mendengkur, inilah beberapa perubahan pola hidup yang bisa kamu lakukan.

Cuci Hidung Dengan Larutan Saline

Hidung tersumbat, baik karena flu atau alergi, adalah salah satu penyebab tidur bisa mendengkur. Ketika hidung tersumbat maka aliran udara tidak akan lancar. Udara yang tersendat inilah yang akan mengeluarkan suara dengkuran ketika sedang tidur.

Untuk mengantisipasinya, biasakan untuk mencuci hidung dengan larutan saline setiap kali kamu akan berangkat tidur. Atau, kamu juga bisa menggunakan semprotan inhaler atau obat dekongestan oral.

Mengubah Posisi Tidur

Jika kamu selalu tidur telentang, maka ubahlah posisi tidurmu menjadi miring ke kanan atau ke kiri. Karena ketika kamu sedang tidur telentang, posisi lidah akan turun atau tertarik ke belakang dan menyumbat aliran udara. Melansir dari sleep.org, hal inilah yang akan memicu dengkuran.

Jadi sebelum berangkat tidur, posisikanlah tubuh kamu ke dalam posisi miring ke kanan atau ke kiri. Untuk menghindari tubuh kembali telentang selama kamu tertidur pulas, kamu bisa memasang pengganjal berupa bantal atau guling di belakang punggungmu.

Kurangi Berat Badan

Obesitas adalah faktor penyebab kamu memiliki kebiasaan tidur mendengkur. Ketika berat badan bertambah, maka akan bertambah pula jaringan tisue yang ada di tenggorokan kamu. Jaringan inilah, yang akan bisa memicu dengkuran ketika sedang tertidur. Jadi terapkanlah pola makan sehat yang sudah diimbangi dengan olahraga rutin untuk mendapatkan berat badan yang seimbang.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi kebiasaan mendengkur. Mengetahui tips seperti ini mungkin bisa membuatmu menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.