Inilah Tanda-Tanda Tanaman yang Sedang Diserang Oleh Hama Ulat

Kamis, 26 Mei 2022

Ulat adalah hama tanaman yang sangat merepotkan. Untuk menghilangkan hama ini terkadang kamu harus berhadapan dengan ulat bulu yang membuat gatal dan bisa mengiritasi kulit. Tanaman yang diserang hama ulat tidak bisa tumbuh dengan sehat. Ulat akan memakan habis semua daun yang ada sehingga tanaman tersebut tidak memiliki dapur untuk berfotosintesis.

Jadi sebaiknya kamu mencermati tanda-tanda tanaman yang sudah mulai diserang hama ulat, agar serangan hama segera bisa diatasi sebelum tanaman kehabisan daun dan layu. Dilansir dari banyak sumber, ada beberapa tanda kecil ketika tanaman sudah disinggahi oleh ulat bulu maupun ulat hijau.

Daun yang Tidak Utuh

Selain lubang kecil-kecil pada daun, tanda lain serangan ulat adalah adanya daun-daun tanaman yang sudah terkoyak, maksudnya adalah tidak lagi utuh. Dedaunan yang tidak utuh ini bisa robek di ujung atau pinggir-pinggirnya, dengan garis sobekan yang tidak merata.

Ketika kamu sudah melihat ada tanda-tanda kehadiran ulat, segera lakukan penanganan agar tanaman terselamatkan. Cara terbaik untuk menyingkirkan ulat adalah mengambil dan membuang ulat yang sudah kamu temukan. Hal ini cukup mudah jika ukuran ulat cukup besar sehingga tertangkap oleh mata.

Noda-Noda Hitam pada Permukaan Daun

Selain lubang, ulat juga meninggalkan sebuah jejak berupa noda-noda hitam atau butiran kecil berwarna gelap pada permukaan daun. Bercak hitam ini adalah kotoran ulat yang menempel pada daun dan susah hilang. Ketika kamu melihat ada noda-noda ini, segera lakukan pengamatan yang lebih teliti.

Karena bisa dipastikan ada ulat yang sedang menempel di tanaman. Ulat terkadang cukup susah untuk ditemukan. Ia bisa bersembunyi di bawah daun, atau menempel di tangkai yang warnanya mirip dengan tubuhnya.

Lubang pada Daun

Dilansir dari Gardeningknowhow, salah satu tanda adanya kehadiran hama ulat adalah adanya luban-lubang pada daun-daun. Yang memakan daun terkadang bukan ulat dewasa, melainkan larva yang sedang dalam napsu makan yang sangat besar untuk bisa tumbuh besar.

Jadi ketika kamu melihat dedaunan tanaman memiliki lubang kecil-kecil, kamu harus waspada karena bisa jadi tanaman sudah terserang ulat. Meski lubang pada daun juga bisa disebabkan oleh hama lain selain ular dan kumbang-kumbang pemakan daun.

Itulah beberapa ciri-ciri tanaman yang sedang di serang oleh Hama Ulat, mengetahui ciri-ciri seperti mungkin akan menambah pengetahuan dan wawasan kamu dan pastinya sangat menyenangkan untuk dirimu. Namun, ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.