Inilah Penjelasan Ilmiah Mengapa Mengantuk dan Lelah Sesudah Minum Kopi

Senin, 4 Juli 2022

Kopi mengandung kafein yang bisa menjadi stimulan tubuh, hal inilah yang membuat kopi menjadi minuman pagi andalan bagi kebanyakan orang. Kafein di dalam kopi bisa mengusir rasa kantuk, meningkatkan fokus, dan membangun mood positif sehingga tubuh siap digunakan untuk beraktivitas seharian penuh. Tapi bagi beberapa orang justru mengalami reaksi kontra selepas menyesap kafein dari kopi.

Bukan terjaga dan fokus yang didapatkan, namun justru merasa lemas, lelah, dan juga merasa mengantuk. Melansir dari Sleep Foundation, gangguan tidur, dehidrasi, dan perubahan kadar glukosa dalam darah akibat kafein bisa membuat kamu merasa lelah dan lemas setelah mengonsumsi kopi. Berikut ini penjelasan singkat penyebab kamu kelelahan dan mengantuk sehabis mengonsumsi kopi.

Gangguan Tidur

Kafein bisa sangat mengganggu jam tidur seseorang. Ketika semalaman kurang tidur, mereka akan lebih banyak mengonsumsi kopi di pagi hari untuk mengusir kantuk dan mendapatkan semangat di pagi hari.

Akibatnya justru akan menjadi boomerang, karena asupan kafein yang berlipat justru akan membuat mereka lebih menderita gangguan tidur. Hal inilah yang menyebabkan fatigue atau kelelahan panjang hari demi hari meski setiap pagi kamu sudah menyesap secangkir kopi.

Level Toleransi Kafein

Sama halnya seperti alkohol, tubuh juga akan beradaptasi dengan asupan kafein sehari-hari dan mengembangkan level toleransi dari waktu ke waktu. Jadi jika awalnya secangkir kecil kopi bisa langsung membuat kamu terjaga dan fokus, selepas beberapa waktu mengonsumsi kopi secara rutin, tubuh kamu akan membangun toleransi kafein. Imbasnya, efek kafein dari secangkir kecil kopi tidak akan dirasakan semaksimal dahulu.

Dehidrasi

Kopi adalah zat diuretik, yaitu bisa memicu tubuh memproduksi urine berlebihan sehingga membuat kita akan lebih sering buang air kecil. Selepas meminum kopi dan kita kehilangan banyak cairan tubuh serta tidak menggantinya dengan asupan air yang cukup, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi bisa menimbulkan sejumlah masalah, mulai dari fatigue, gelisah, hingga menurunnya kemampuan daya ingat.

Itulah beberapa penjelasan ilmiah mengapa lelah dan mengantuk sesudah minum kopi. Mengetahui hal ini mungkin menyenangkan untukmu, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.