Inilah Negara-Negara yang Pernah Diserang Oleh NATO

Sabtu, 21 Mei 2022

Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO merupakan sebuah organisasi aliansi militer yang bertujuan menjaga keamanan negara-negara bersama. Organisasi NATO didirikan pada 4 April 1949. Sebagai sebuah aliansi militer, NATO memiliki suatu sistem keamanan kolektif. Maksudnya adalah semua negara anggota harus ikut membela apabila ada serangan dari pihak ketiga terhadap anggota NATO.

Selain itu, organisasi ini juga seringkali terlibat terhadap berbagai intervensi militer terhadap konflik di negara lain. Sepanjang sejarahnya, NATO diketahui telah banyak melakukan operasi militer di berbagai macam negara di dunia. Negara mana sajakah itu? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah ulasannya.

Bosnia dan Herzegovina

Dalam sejarahnya, NATO pernah melakukan intervensi militer di Bosnia dan Herzegovina. Tujuan tindakan ini diklaim NATO sebagai salah satu bentuk untuk membangun perdamaian jangka panjang setelah Perang Bosnia. Tidak hanya dalam bidang politik, intervensi NATO diperluas dengan pengerahan puluhan ribu tentara dalam Operasi Joint Endeavour.

Dikutip dari situs AA, NATO memulai intervensi militernya pada tanggal 30 Agustus 1995. Aksi ini ditujukan setelah beberapa serangan artileri Angkatan Darat Republika Srpska dua hari sebelumnya yang menewaskan sekitar 43 orang dan melukai puluhan warga sipil di Sarajevo. Dalam operasi NATO ini, beberapa negara yang terlibat diantaranya adalah Amerika Serikat, Inggris, Turki, Prancis, Jerman, Spanyol, dan lainnya.

Irak

Salah satu negara yang berada di Timur Tengah ini juga pernah menjadi sasaran NATO. Pada Maret 2003, invasi terhadap negara Irak dilakukan oleh beberapa negara anggota NATO dan juga sekutunya. Serangan ini diketahui berlangsung lebih dari satu bulan. Alasan adalah penyerangan ini pada awalnya karena Irak dicurigai memiliki senjata pemusnah massal.

Invasi ini menjadi jawaban NATO dalam usahanya untuk ‘melucuti’ senjata pemusnah tersebut serta mengakhiri dukungan Saddam Husein terhadap terorisme. Tapi, pada faktanya ternyata diketahui juga bahwa tim inspeksi PBB sama sekali tidak menemukan senjata pemusnah massal yang dimaksud.

Yugoslavia

Yugoslavia merupakan negara yang pernah berdiri di kawasan Balkan. Tepatnya sekitar 1918. Tapi, setelah berdiri puluhan tahun, Negara ini bubar dan saat ini bekas wilayahnya telah membentuk negara sendiri. Dalam sejarahnya, Yugoslavia pernah mendapat serangan dari NATO.

Dikutip dari situs History, NATO memulai serangannya dengan melakukan pengeboman kepada militer Serbia di Provinsi Yugoslavia Kosovo. Serangan ini diketahui sebagai sebuah tanggapan atas gelombang pembersihan etnis yang dilakukan pasukan Serbia terhadap Albania Kosovo beberapa waktu sebelumnya.

Itulah negara yang pernah diserang oleh NATO dan sekutunya, tak ada hal yang menyenangkan dari peperangan antar negara. Namun, adapun hal yang menyenangkan adalah bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika kamu menang itu hanya bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.