Inilah Kesalahan Menyeduh Kopi Jika Kopi Terlalu Pahit

Sabtu, 25 Juni 2022

Beberapa orang menyukai kopi yang bercitarasa pahit yang cukup kuat, namun beberapa lagi menyukai kopi yang tidak terlalu pahit menyiksa. Kopi bisa terasa sangat pahit karena adanya beberapa faktor. Bisa karena biji kopinya yang memang kuat, atau kamu salah dalam menyeduhnya.

Kopi yang terlalu pahit biasanya terjadi karena kopi terbakar dalam suhu panas yang terlalu tinggi. Dan kopi yang terlalu pahit bisa membahayakan tubuh jika kamu akhirnya menambahkan terlalu banyak gula untuk “menjinakkan” kopimu. Berikut ini beberapa kesalahan yang membuat kopi kamu jadi terlalu pahit.

Peralatan Kopi Jarang Dibersihkan

Residu seduhan kopi dari minggu kemarin bisa jadi masih menempel dan membuat citarasa kopi kamu rusak, seperti menjadi terlalu pahit. Jadi sebaiknya kamu membersihkan peralatan kopimu secara rutin.

Kamu bisa menggunakan cairan baking soda jika ada serpihan biji kopi yang menempel dan susah lepas. Peralatan kopi harus rutin dibersihkan setiap saat. Residu kopi yang tertinggal bisa merusak seduhan kopi yang dibuat.

Menyeduh Dalam Air Panas Terlalu Lama

Jika kamu tak menginginkan kopi yang terlalu pahit, gunakan saja French Press atau Aero Press. Karena salah satu yang membuat seduhan kopi menjadi terlalu pahit adalah karena kita menyeduhnya dalam air panas terlalu lama. Ketika bubuk kopi terkena air panas dengan waktu yang cukup lama, maka ekstraksi yang terjadi akan semakin lama dan citarasa kopi akan semakin kuat.

Ketika kamu menggunakan French Press, kamu bisa dengan mudah memisahkan cairan kopi dari ampasnya. Kemudian cobalah untuk mengatur waktu penyeduhan. Jika 6 menit membuat kopi menjadi terlalu pahit, maka cukuplah seduh kopi selama 4 menit.

Suhu Air Terlalu Panas

Melansir dari Turning Table, untuk menyajikan kopi terbaik jangan pernah menggunakan suhu air yang terlalu panas, karena bisa membuat bubuk kopi menjadi gosong atau terbakar. Ketika air mendidih, suhu yang ada 6° lebih tinggi dari suhu air yang tepat untuk digunakan menyeduh kopi.

Jika tak memiliki termometer khusus untuk menyeduh kopi, kamu bisa membiarkan air turun suhunya dengan cara alami. Yaitu menurunkannya dari api, dan tunggulah sekitar 30 detik baru menuangkannya ke dalam bubuk kopi di dalam cangkir.

Itulah beberapa kesalahan dalam menyeduh kopi jika kopi terlalu pahit. Mengetahui informasi ini pasti menyenangkan bagi para pecinta kopi, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah sangat menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.