Inilah Hama-Hama yang Sering Hinggap di Pohon Mangga

Sabtu, 4 Juni 2022

Hama pohon mangga bisa membuat pohon akan mengalami gagal berbuah. Meski sebenarnya, pohon mangga sendiri adalah tanaman yang cukup mudah ditanam dan juga dirawat. Ada beberapa hama yang seringkali menyerang pohon mangga. Pohon yang bernama Latin Mangifera indica ini mulai keluar buahnya ketika pohon tersebut sudah menginjak usia tiga tahun. Dilansir dari Gardening Know How, pohon mangga akan tumbuh dengan sangat subur di iklim tropis.

Agar bisa berbuah lebat, tanam mangga di tanah yang terkena sinar matahari dan di area yang tidak terlalu tandus. Untuk mencegah mangga kekeringan, kamu sebaiknya menyirami tanaman ini secara rutin. Ketika akan menyirami, selalu cek kondisi tanah yang ada. Jika tanah sudah kering hingga dua inci di atas permukaan tanah, maka sudah saatnya pohon mangga disiram air. Berikut ini adalah beberapa hama yang biasa menyerang pohon mangga.

Wereng Mangga

Wereng mangga bisa membuat pohon mangga akan mengalami gagal berbuah. Karena wereng datang untuk menghisap cairan bunga yang baru mekar, sehingga bunga akan menglami kering dan mati.

Wereng ini juga senang bertengger di bagian daun dan batang dan meninggalkan senyawa yang memiliki cita rasa manis. Senyawa ini lah yang akan mengundang hama-hama berikutnya, yakni si semut api yang akan menghabiskan kuncup-kuncup bunga dan daun.

Lalat Buah

Sesuai dengan namanya, hama pohon mangga yang satu ini hanya menyerang bagian buah yang ada dalam sebuah pohon. Ketika buah mangga sudah matang dan mengeluarkan aroma yang cukup wangi, lalat buah bisa datang dan mengerumuni buah mangga yang ada.

Selain menghisap cairan buah, lalat akan menusuk kulit buah mangga dan meninggalkan telur mereka atau larvanya di sana. Telur ini kemudian akan menetas menjadi sebuah ulat.

Kutu Putih

Hama kutu putih bisa menyerang berbagai jenis tanaman, baik cabai ataupun mangga. Kutu putih pada mangga akan menghisap nutrisi tanaman yang ada pada daun mangga. Yang paling sering menempel pada pohon mangga adalah kutu putih yang berupa serangga yang suka berkoloni yang menempel pada permukaan daun-daun. Karena tanaman akan menjadi kurang nutrisi, maka tanaman jadi susah berbuah.

Itulah beberapa hama yang perlu kamu waspadai jika sedang menanam pohon mangga. Mengetahui informasi seperti ini memanglah sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.