Inilah Beberapa Penyebab Bau Mulut Tidak Sedap

Selasa, 14 Juni 2022

Bau mulut tidak selalu terjadi karena ada masalah yang bersarang di gigi, gusi dan rongga mulut saja. Bau mulut juga tidak hanya bisa disebabkan oleh pengonsumsian sajian tertentu yang memang memiliki aroma yang cukup kuat seperti bawang putih atau petai.

Jadi ketika kamu sudah membersihkan gigi secara maksimal dan bau mulut tetap datang, segeralah melakukan pemeriksaan lengkap terhadap tubuh. Ada berbagai macam penyebab aroma mulut menjadi bau yang tidak sedap. Melansir dari The Healthy, berikut ini adalah beberapa penyebab bau mulut yang kerap terjadi.

Radang Amandel atau Tonsilitis

Salah satu tanda peradangan pada tenggorokan, dalam hal ini peradangan pada amandel, adalah timbulnya napas yang beraroma tidak sedap. Bakteri yang memicu aroma napas menjadi tidak sedap adalah bakteri yang sama yang memicu peradangan pada amandel dan menyebabkan kamu mengalami radang tenggorokan.

Terlalu Sering Beraktivitas di Luar Ruangan

Kamu yang sering berlatih dan bergerak di luar ruangan lebih mudah terkena gangguan pernapasan seperti asma dan gangguan mulut kering. Menurut penelitian, yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan ini adalah kualitas udara yang berada di lingkungan tempat kita sering beraktivitas.

Semisal bersepeda atau berlari pagi ketika cuaca sedang dingin, atau bersepeda di lingkungan yang dekat dengan sumber polusi seperti kawasan industri. Alergi pada udara bebas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan pernapasan yang akhirnya berujung pada napas berbau tidak sedap.

Dehidrasi

Menurut American College of Cardiology, kurang minum bisa membuat sisa makanan dan bakteri yang berkembang di dalam mulut bisa bertengger lebih lama. Imbasnya, bakteri bisa berkembang biak semakin banyak dan melakukan pembusukan pada rongga mulut.

Proses inilah yang bisa menyebabkan mulut kamu menjadi berbau tidak sedap. Solusinya mudah, perbanyaklah minum agar residu makanan segera mengalir ke dalam saluran cerna. Atau ambillah permen karet untuk merangsang produksi air liur.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa memicu bau mulut tidak sedap. Mengatahui beberapa gangguan tersebut pastinya kamu harus mengantisipasinya dan pasti rasanya menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.