Inilah Beberapa Cara Menghadapi Keluarga yang Toksik

Jum’at, 6 Mei 2022

Hidup bersama dengan keluarga yang toksik akan sangat berpengaruh pada kehidupanmu. Sebelumnya kita telah mengenal bagaimana tanda keluarga toksik dan apa dampaknya bagi kamu. Kali ini, mari kita bahas bagaimana cara menghadapi keluarga yang toksik.

Biasanya perilaku toksik akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga bisa mengubah pola perilaku anggota keluarga lainnya. Mereka akan menjadi seorang pribadi yang kurang memiliki kesadaran diri dan cenderung akan menyangkal perlakuan orang lain terhadap dirinya. Berikut ini adalah bagaimana cara menghadapi keluarga yang toksik.

Dahulukan Diri Sendiri

Ketika kamu harus berinteraksi dengan keluarga yang toksik, kamu berhak untuk mendahulukan dirimu sendiri. Kamu boleh untuk menghindari interaksi dengan keluargamu yang toksik itu dan menolak untuk menghabiskan waktu bersama mereka.

Lakukan Sesuatu yang Lebih Bermakna

Ketika kamu memutuskan untuk tidak bersama keluargamu yang toksik, habiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna dan bisa mengembangkan kemampuan kamu, agar kamu bisa bertahan di dunia ini.

Misalnya, menyajikan atau memberikan makanan untuk orang-orang yang kurang mampu, mengunjungi teman yang sakit, atau kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk dirimu atau untuk masyarakat sekitar.

Buat Batasan

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk membuat batasan untuk dirimu sendiri jika bersama dengan keluarga yang toksik. Tapi, kamu juga bisa mencoba untuk melakukannya dengan menyatakan kalimat yang singkat, lugas, dan eksplisit.

Contohnya, ketika saudaramu sedang melemparkan kata-kata yang tidak kamu suka atau kata-kata kasar, kamu bisa mengatakan, “tolong jangan berkata kasar kepadaku!” dengan tegas.

Nah, itulah beberapa tips jika kamu sedang menghadapi keluarga yang toksik agar kamu bisa menyenangkan dirimu sendiri. Adapun hal yang menyenangkan lainnya adalah bermain slot. Bermain slot bisa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.