Inilah 3 dari 7 Firaun Paling Terkenal dan Sangat Berpengaruh Dalam Sejarah Mesir

Rabu, 18 Mei 2022

Sebagian besar orang mungkin hanya mengetahui istilah Fir’aun sebagai seorang Raja pada zaman Nabi Musa. Tapi, dalam kenyataannya sebutan Fir’aun ini adalah julukan rakyat kepada para Raja Mesir Kuno.

Peran Fir’aun Mesir Kuno cukup lekat kaitannya dengan agama dan politik. Di samping itu, para Firaun ini juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi sejarah Mesir. Sebut saja dari aspek inovasi arsitektur, pemimpin militer yang dihormati, hingga seorang diplomat yang cerdik. Berikut ini adalah beberapa Firaun yang paling terkenal dan sangat berpengaruh dalam sejarah Mesir.

Cleopatra VII

Penguasa aktif terakhir kerajaan Ptolemaic Mesir, Cleopatra memimpin pada hari-hari terakhir kekaisaran Mesir. Tapi, ketenarannya tetap hidup melalui cerita-cerita rakyat. Dia berkuasa sekitar 51 – 30 SM setelah menggulingkan suaminya sendiri.

Dia dikenal sebagai politikus dan diplomat yang sangat cerdik serta membawa kerajaan ke arah perdamaian. Tapi, kekuasaannya harus berakhir di tangan Romawi. Kekalahan inilah yang membuatnya untuk melakukan bunuh diri dengan meminum racun yang mematikan.

Ramses II

Pemerintahan Ramses II pada 1279 – 1213 SM sering disebut sebagai yang terbesar dari Dinasti ke-19 atau masuk pada era Kerajaan Baru. Ayah dari 96 anak ini memiliki reputasi yang sangat memukau dalam sejarah Mesir.

Salah satunya adalah dengan membangun kekuatan militer yang sangat kuat. Selain itu, banyak juga berbagai macam warisan arsitektur dari pemerintahannya yang menjadi salah satu bukti kekuasaannya.

Akhenaten

Putra Amenhotep III ini awalnya adalah Amenhotep IV. Tapi, dia mengubah namanya menjadi Akhenaten sesuai dengan keyakinan monoteistik radikalnya. Arti nama barunya adalah ‘ Dia yang melayani Aten (Dewa Matahari) ’. Keyakinan agama Akhenaten ini membuatnya memindahkan ibukota mesir yang tadinya berada Thebes dan menjadi ke Amarna dan menamakannya Akhetaten atau Horizon of Aten.

Istrinya yang bernama Nefertiti turut memainkan peran yang cukup penting dalam revolusi agama suaminya. Selain menjadi istri Firaun Kuno, Nefertiti juga terkenal karena berkat patung batu kapurnya. Ini adalah salah satu karya seni Mesir kuno dan bisa ditemukan di Museum Neues.

Itulah 3 dari 7 Firaun yang paling terkenal dan sangat berpengaruh dalam sejarah Mesir. Mengetahui informasi sejarah Mesir merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.