Indonesia Menghadapi 11 Juta Ancaman di Dunia Maya Pada Awal Tahun 2022

Kamis, 28 April 2022

Seperti dunia nyata, dunia maya juga tidak kebal dari ancaman kejahatan yang menargetkan para pengguna internet di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Baru-baru ini, perusahaan keamanan siber Kaspersky merilis laporan yang menyebutkan bahwa ada belasan juta ancaman kejahatan online yang menyasar pengguna internet di Indonesia.

Meski angkanya melonjak, jumlah ancaman online yang ada di Indonesia diklaim Kaspersky menurun sebanyak 2 persen apabila dibandingkan dengan kuartal-IV 2021 (Oktober-Desember), menurut keterangan resmi dari Kaspersky. Berikut ini beberapa tips menghindari ancaman online.

Memasang Anti-Virus

Hati-hati dalam memasang berbagai macam anti virus gratis dan cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu siapa pembuat anti virus tersebut atau bagaimana ulasannya. Sebab, anti virus gratis atau yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau belum tentu efektif dalam memberantas malware yang berseliweran.

Memasang Perangkat Program Anti Malware

Lebih baik kamu pasangi perangkat dengan berbagai program anti malware atau anti virus yang memiliki kualitas sangat bagus yang ada di pasaran.

Memperbarui Sistem Operasi

Selalu unduh pembaruan teranyar untuk sistem operasi (OS) dan aplikasi yang sudah terpasang. Karena, pembaruan biasanya akan menambal kerentanan atau celah keamanan  yang dapat dieksploitasi oleh para pelaku kejahatan siber.

Hindari Wi-Fi Publik

Masukkan nama pengguna dan kata sandi kamu hanya melalui koneksi yang aman. Hindari login ke akun bank online dan layanan serupa melalui jaringan Wi-Fi publik.

Mengunduh App Hanya dari Toko Resmi

Mengunduh aplikasi hanya dari toko resmi seperti Google Play (Android), App Store (iOS), atau Microsoft Store. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko perangkat kamu terpasang program berbahaya (malware) dari aplikasi yang tidak jelas asal atau pembuatnya.

Bisa menjaga data diri dari kejahatan siber adalah hal yang akan menyelamatkan dirimu dari kejahatan-kejahatan cyber, tak ada hal yang menyenangkan jika semua akun milikmu terkena peretasan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Adapun hal yang menyenangkan adalah bermain slot, bermain slot memang menyenangkan dan jika menang itu hanya bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.