Hutan Bowosie Memiliki Lahan 400 Hektare di Alihfungsikan menjadi Wisata Alam

Sabtu, 12 Maret 2022

Sebagian Hutan Bowosie Labuan Bajo, di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dikelola menjadi wisata alam oleh Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF). Berdasarkan rencana awal, destinasi wisata di kawasan seluas 400 hektare itu akan dibagi menjadi empat zona.

“Pengembangan kawasan ini akan dibagi menjadi empat zona, meliputi zona cultural district, adventure district, wildlife district, dan leisure district,” kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina.

Pengembangan tersebut berdasarkan Perpres Nomor 32 Tahun 2018, yang di dalamnya juga mengatur perubahan status dan pemanfaatan 400 hektare Hutan Bowosie. Luas hutan itu terbagi menjadi 136 hektare diberikan hak pengelolaan kepada Badan Otorita, sisanya dikelola dengan skema Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan-Pemanfaatan Jasa Lingkungan (PBPH-JL) sebagai wisata alam.

Direktur Destinasi BPOLBF, Konstant Masdinandus Nandus menambahkan, bahwa pengembangan pariwisata kawasan Hutan Bowosie masuk dalam prinsip keberlanjutan lingkungan. Rencana pembangunan ditetapkan koefisien dasar bangunan dan luas area terbangun diklaim sangat rendah di setiap zona.

Penetapan koefisien itu bertujuan untuk mendukung fungsi ekologi hutan. Pihaknya mengaku sudah melakukan studi hidrogeologi terpadu dan analisis dampak lingkungan untuk menjamin kelestarian mata air yang ada di kawasan Hutan Bowosie dan tidak mengganggu suplai untuk warga setempat.

Konstant mengungkapkan, bahwa pembangunan wisata alam akan dimulai pada bulan ini, dan akan dilanjutkan pembangunan dan penataan sarana prasarana pariwisata. Masyarakat sekitar kawasan Hutan Bowosie, kata Konstant, sangat mendukung pembangunan ini. Mereka berharap ini bisa membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat desa mereka.

Sebelumnya, Shana berharap kawasan wisata alam yang akan dibangun di Hutan Bowosie ini akan membuat wisatawan betah berkunjung. Lokasi yang dikembangkan merupakan bekas yang dibabat, disebutnya dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Tujuan yang sangat bagus untuk menjadikan Hutan Bowosie dialih fungsikan menjadi tempat Wisata alam. Pasti sangat menyenangkan dan seru apabila berkunjung kesana. Ada juga hal seru lainnya yaitu bermain slot, permainan slot dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja. Apabila menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.