Hutan Amazon Terancam Musnah, Perisai Bumi Melemah

Senin, 13 Juni 2022

Dilihat dari udara, hutan Amazon merupakan hamparan hijau tua yang tidak berujung. Terbang menuju tepi hutan hujan terbesar di dunia, pemandangan akan berubah menjadi hamparan cokelat yang sangat luas. Ya, wilayah Amazon itu telah diratakan dan dibakar untuk membuat jalan, tambang emas, tanaman, dan terutama untuk peternakan.

Ini adalah “busur deforestasi” yang berkembang cukup pesat melintasi Amerika Selatan dan menjadi sebuah bencana alam yang sedang terjadi untuk Bumi. Berkat vegetasinya yang sangat subur dan keajaiban fotosintesis, lembah Amazon telah menyerap sejumlah besar emisi karbon yang menggelembung dari manusia.

Hal itu membantu untuk mencegah mimpi buruk perubahan iklim yang merajalela. Melansir dari AFP, penelitian menunjukkan bahwa, hutan hujan berada di dekat titik kritis. Hutan sudah mengering dan berubah menjadi sabana, dengan 390 miliar pohonnya mati secara massal.

Kehancuran Amazon semakin cepat, terutama sejak Presiden Jair Bolsonaro menjabat pada tahun 2019 lalu, yang mendorong pembukaan lahan lindung untuk agribisnis dan pertambangan. Kerusakan semakin berkembang pada spesies-spesies yang saling bergantung di Amazon, termasuk satwa liar ikonik, seperti elang harpy dan juga jaguar.

Kekerasan oleh penambang emas ilegal ke tanah adat juga telah membawa korban yang sangat mengerikan pada penduduk asli. Padahal, mereka adalah penjaga hutan terbaik, dengan tradisi mereka yang sangat menghormati alam.

Para ilmuwan mengatakan bahwa, jika Amazon mencapai titik kritis, perubahan iklim akan semakin mempercepatnya dan memuntahkan emisi karbon hingga satu dekade kembali ke atmosfer.

Ini adalah kisah kejahatan, ketika orang-orang jahat dengan topi hitam mengeksploitasi perbatasan tanpa hukum, korupsi politik, dan ketidaksetaraan besar-besaran untuk meningkatkan kekayaan mereka dari rampasan tanah secara paksa.

Hutan Amazon yang sudah mulai gundul saat ini mungkin meresahkan kita, tidak ada hal yang menyenangkan bagi hewan-hewan yang tinggal disana ketika rumah mereka terancam. Namun, ada juga hal yang menyenangkan yaitu bermain slot. Bermain slot memangalah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.