Harga Minyak Naik lagi Karena Perang Ukraina vs Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022

Harga minyak menetap lebih tinggi pada hari Jumat tetapi membukukan penurunan mingguan tertajam sejak bulan November, karena para pedagang menilai potensi perbaikan pada prospek pasokan yang telah terganggu oleh invasi pihak Rusia ke Ukraina.

Harga minyak mentah telah melonjak naik sejak invasi Rusia, yang disebut Moskow, yaitu “operasi militer khusus.” Minggu ini, patokan berjangka mencapai level tertinggi sejak 2008, kemudian mundur dengan sangat tajam karena beberapa negara produsen mengisyaratkan mereka dapat meningkatkan pasokan minyak.

Pada hari Jumat lalu, kekhawatiran pasokan tumbuh ketika pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 menghadapi ancaman keruntuhan setelah permintaan Rusia pada detik-detik terakhir memaksa kekuatan dunia untuk menghentikan negosiasi.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik hingga USD 3,31, atau 3,1 persen, menjadi menetap di USD 109,33 per barel, dari terendah sesi di USD 104,48. “Pelaku pasar sekarang akan melacak dengan cermat data ekspor Rusia untuk mengetahui berapa banyak pasokan minyak yang terganggu,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Presiden AS Joe Biden mengatakan negara-negara industri G7 akan mencabut status perdagangan di Rusia, dan mengumumkan larangan Amerika Serikat terhadap makanan laut, alkohol, dan berlian Rusia. Amerika Serikat melarang minyak Rusia.

Pekan depan, kata Giovanni Staunovo, fokus akan beralih ke laporan pasar minyak dari Administrasi Energi Internasional (IEA) dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Keduanya telah mengindikasikan pasar harus melebihi pasokan tahun ini.

Pekan ini, konflik Rusia-Ukraina mendorong Amerika Serikat dan banyak perusahaan minyak Barat untuk berhenti membeli minyak hasil dari Rusia. Ada pembicaraan tentang penambahan pasokan minyak potensial dari Iran, Venezuela dan Uni Emirat Arab. Data tersebut merupakan indikator awal dari keluaran masa depan. Pejabat pemerintah Amerika Serikat telah meminta produsen domestik dan global untuk meningkatkan produksi.

Minyak saat ini mulai naik kembali harganya dikarenakan perang antara Ukraina dan Rusia. Membuat masyarakat Indonesia sangat sulit untuk mendapatkan minyak goreng. Dan para ibu rumah tangga pun merasa sedih dan tidak menyenangkan. Namun, ada juga hal lain yang menyenangkan, yaitu bermain slot. Permainan slot hanya untuk mencari kesenangan saja dan jika memang menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.