Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Telah Meresmikan Jembatan ala Kapal Pinisi

Jum’at, 11 Maret 2022

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan teleh meresmikan jembatan penyebrangan orang dan sepeda ala Kapal Pinisi. Jembatan ini membentang di Jalan Sudirman, Bendurngan Hilir, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, Pak Anies menyampaikan bahwa jembatan dengan konsep Kapal Pinisi, selain berfungsi sebagai jembatan orang, jembatan ini sengaja dirancang untuk memfasiliktasi para pesepeda yang hendak menyebrang.

Karena selama ini, kata pak Anies, pesepeda di Jalan Sudirman tidak dapat menyebrang. Akses untuk menyebrang hanya ada di Bundaran Senayan. “Dengan adanya jembatan penyebrangan sepeda ini, sepeda sebagai alat transportasi bisa punya akses di tengah untuk berpindah sisi,” kata pak Anies, Kamis (10/3/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyampaikan bahwa merancang desain dan konsep untuk revitalisasi jembatan ini sudah dilakukan pada tahun 2018 hinggal awal 2019. Setelah konsep yang cukup matang, revitalisasi mulai dikerjakan. Namun, kegiatan konstruksi ditunda akibat adanya pandemi Covid-19.

Sepanjang awal pandemi Covid-19, para tenaga medis telah gugur dalam menangani pandemi. Nama para tenaga medis yang gugur ini kemudian diabadikan dalam galeri yang terpasang pada jembatan. “Sebagian dari tenaga medis telah berpulang mendahului kita, nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan,” kata pak Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho telah menjelaskan, jembatan dibangun menggunakna dana Koefisien Lantai Bangunan (KLB) dari PT. Permadai Khatulistiwa Nusantara.

Pembangunan jembatan baru akan dimulai pada April 2021, yang diawali pembongkaran atap dan tanggal JPO yang sudah tersedia, menambah struktur baru dan berbagai fasilitas lengkap. Januari 2011, pembangunan jembatan selesai.

Hari menyampaikan, panjang jembatan yaitu 66,2 meter, dan untuk panjang jembatan sepera sekitar 89,7 meter. Galeri apresiasi untuk pada tenaga kesehatan yang gugur selama pandemi Covid-19 periode 2020-2021 berjumlah 37 orang. Jembatan juga dilengkapi fasilitas lift dengan kapasitas sekitar 3 ton. Jumlah ini dapat melayani kapasitas 30 orang disabilitas, ibu hamil, lansia dan 9-10 unit sepeda, 14 unit CCTV yang telah terpasang di seluruh area JPO JPS.

Jembatan ala Kapal Pinisi ini juga dipasangi 470 lampu LED dan 10 lampu RGB sebagai estetika pada malam hari. Sangat seru jika bisa ke jembatan ini pada malam hari dan mendapatkan spot untuk berfoto yang bagus. Namun, ada juga hal seru lainnya selain berfoto yaitu bermain slot. Permainan slot hanya untuk mencari kesenangan sahaja dan jika memang menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.