Berbagai Jenis Penyakit Tanaman Ketika Musim Penghujan

Rabu, 15 Juni 2022

Curah hujan sudah mulai tinggi di beberapa daerah di nusantara ini. Bagi kebanyakan petani dan pecinta tanaman, hujan adalah sebuah berkah tersendiri. Tapi, layaknya hal-hal baik lainnya, jika datang dan dikonsumsi dalam porsi yang terlalu berlebihan, bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian.

Ketika tanah dan tanaman tergenang banyak air hujan, maka akan timbul berbagai macam masalah yang membuat pusing para petani dan pecinta tanaman. Akar tanaman akan selalu tergenang air dan rawan rusak serta membusuk. Melansir dari Gardening Kwow How, berikut ini adalah beberapa penyakit tanaman yang biasanya muncul di musim penghujan.

Busuk Api

Penyakit busuk api dikenal juga sebagai fire blight. Penyakit yang menyerang buah apel, pir, dan beberapa keluarga Rosaceae lainnya ini cukup mudah menyebar di basahnya musim penghujan. Dalam infeksi yang sangat parah, penyakit ini bisa menghancurkan seluruh produksi satu lahan buah apel dan pir.

Antraknosa

Jamur antraknosa biasanya menyebar dengan sangat cepat di musim penghujan. Dimulai dari batang yang paling rendah kemudian naik menyebar hingga ke ujung-ujung daun. Gejala utamanya adalah berupa bercak bulat memanjang berwarna hitam yang merusak daun juga buah.

Penyakit ini banyak ditemukan pada berbagai macam jenis pohon dan semak. Untuk menghalau penyakit ini, kamu bisa menyemprotkan cairan anti jamur. Juga mengambil batang dan daun yang sekiranya sudah terinfeksi jamur agak infeksi tidak semakin meluas.

Embun Tepung

Disebut juga dengan powdery mildew, penyakit ini disebabkan oleh jamur yang bisa menyerang berbagai jenis tanaman, dan sangat mudah merebak di curah hujan yang tinggi. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah tumbuhnya bercak-bercak putih yang berwarna keabuan seperti bedak di penampang daun tanaman.

Panas sinar matahari adalah hal yang efektif untuk membunuh jamur ini. Jika matahari jarang muncul, kamu bisa menggunakan semprotan fungisida yang mengandung sulfur. Hindari juga penggunaan pupuk nitrogen jika tanaman sudah terkena penyakit yang satu ini.

Itulah beberapa penyakit tanaman yang seringkali muncul di musim penghujan. Mengetahui informasi seperti ini mungkin sangat membantumu dan terasa menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.