Beberapa Penyebab Tubuh Merasa Kelelahan Sepanjang Waktu

Senin, 20 Juni 2022

Meski sudah merasa tidur malam dengan cukup, mengatur pola makan dengan baik, namun tubuh masih saja terasa lelah dan lesu sepanjang hari. Sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh? Adakah penyakit berbahaya yang diam-diam sedang mengintai? Kelelahan terus menerus yang sering disebut dengan fatigue adalah kondisi tubuh.

Melansir Medical News Today, ketika tubuh dalam kondisi kelelahan yang kronis, otak pun akan berkurang tingkat fokusnya. Hal inilah yang bisa menyebabkan kefatalan dan merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab fatigue atau kelelahan yang terjadi kronis dari hari ke hari.

Stres

Stres yang tidak diurai dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kelelahan mental dan kelelahan fisik. Ujungnya, tubuh bisa terdampak berbagai macam penyakit. Disaat tubuh dalam kondisi stres, tubuh akan terus mengeluarkan hormon stres yang selalu siaga untuk “berperang”.

Nah, jika keluar terlalu banyak, hormon ini bisa mengganggu kestabilan fungsi-fungsi yang ada pada tubuh. Jadi cari penyebab stres yang ada, dan cari solusi agar kamu bisa segera mengurainya. Jika stres menyebabkan sakit kepala dan kelelahan kronis, mungkin sudah saatnya kamu mencari pertolongan ke ahli yang terkait.

Kekurangan Nutrisi

Kelelahan kronis juga bisa dipicu oleh pola makan yang mungkin kurang pas. Ketika kamu kekurangan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka fungsi tubuh tak akan bekerja dengan normal.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, aturlah menu makanan yang mengandung cukup kalori, memperbanyak buah dan sayur yang kaya akan serat, juga mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, juga zat gula dalam takaran cukup.

Kurang Tidur

Terkadang ketika kamu sudah merasa cukup tidur, ternyata tubuh kamu tidak menyetujui dengan jumlah jam tidur yang sudah kamu lakukan. Rata-rata, dewasa usia produktif, membutuhkan waktu tidur minimal 7 jam dalam waktu semalam.

Dengan waktu tidur minimal 7 jam, barulah fungsi tubuh bisa terjaga dengan sangat baik sehingga di pagi hari kamu bisa bangun dalam kondisi tubuh dan otak yang segar dan bugar.

Itulah beberapa penyebab mengapa tubuh terasa lelah sepanjang waktu. Mengetahui penyebab kelelahan tubuh demi kesehatan diri sendiri mungkin terasa menyenangkan untukmu, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.