Beberapa Negara Melarang Atasan Untuk Mengontak Karyawan Ketika di Luar Jam Kerja

Kamis, 16 Juni 2022

Pandemi Covid-19 membuat banyak pekerja bekerja dari rumah atau biasa disebu dengan Work From Home (WFH). Tapi, tidak semua merasa senang. Banyak diantaranya yang terpaksa harus menerima panggilan dari bos atau klien ketika sedang berada di luar jam kerja.

Kendati demikian, sebelum adanya pandemi, beberapa negara telah mempertimbangkan untuk menghormati waktu istirahat para pekerja dengan membatas komunikasi di luar jam kerja menggunakan undang-undang. Berikut ini adalah beberapa negara yang menetapkan undang-undang yang melarang bos untuk menghubungi pekerja di luar jam kerja.

Jerman

Melansir Swaab, 10 April 2014, perusahaan-perusahaan yang berbasis di Jerman termasuk Volkswagen, BMW, Puma dan Deutsche Telekom telah memberlakukan pembatasan kontak setelah jam kerja dengan staf untuk mencegah staf mengalami kelelahan yang disebabkan oleh stres yang tidak semestinya.

Volkswagen khususnya, telah memperkenalkan kebijakan untuk menghentikan semua email yang diteruskan kepada para staf mereka setengah jam sebelum akhir hari kerja.

Spanyol

Melansir laman SHRM, sebuah hukum perlindungan data Spanyol memberikan hak digital untuk karyawan dan bos, termasuk hak para pekerja untuk melepaskan semua perangkat digital ketika mereka sedang berada di luar waktu kerja.

Hal itu artinya perusahaan menghormati waktu istirahat, hari libur, dan privasi pribadi dan keluarga mereka. Tujuannya adalah untuk mencegah karyawan-karyawan menderita “kelelahan komputer“. Kebijakan itu berlaku baik untuk karyawan di sektor swasta maupun sektor publik.

Perancis

Diberitakan oleh CNN, 2 Januari 2017, undang-undang perburuhan yang berlaku mulai 1 Januari 2017 memberi karyawan hak untuk memutuskan sambungan dari email, smartphone, dan perangkat elektronik lainnya ketika hari kerja mereka berakhir.

Aturan tersebut mengharuskan perusahaan dengan 50 atau lebih pekerja untuk menegosiasikan pedoman email baru di luar kantor dengan staf. Perusahaan memiliki kewajiban untuk mengatur penggunaan email dan memastikan karyawan mendapatkan istirahat dari kantor.

Itulah beberapa negara yang melarang atasan untuk mengontak karyawan mereka di luar jam kerja. Dengan peraturan seperti itu mungkin akan membuat karyawan merasa senang, namun ada juga kesenangan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.