Beberapa Fakta Tentang Tulang di Dalam Tubuh Manusia

Kamis, 7 Juli 2022

Tulang atau sistem kerangka yang berada di dalam tubuh manusia layaknya kayu dan bata bagi sebuah rumah. Dengan fondasi yang kuat, tubuh kamu dirancang untuk melakukan banyak tugas luar biasa, mulai dari berlari hingga melahirkan. Tapi, banyak orang belum mengetahui bahwa sistem rangka ini menyimpan fakta unik, berikut ini daftarnya.

Dua Jenis Tulang Dalam Tubuh

Kamu mungkin menganggap tulang sebagai bahan yang keras dan padat, tetapi hanya satu jenis tulang yang seperti ini. Tulang padat dan keras ini disebut sebagai tulang kortikal yang merupakan tulang “struktur”.

Tipe kedua yaitu tulang trabekular yang lunak dan kenyal. Ini sering ditemukan di dalam tulang rusuk, panggul, tulang besar, dan tengkorak. Meskipun tidak sekeras tulang kortikal, itu masih cukup keras dan protektif.

Lebih dari Setengah Tulang Tubuh Ada di Tangan dan Kaki

Setiap tangan memiliki sekitar 27 tulang dan 26 untuk setiap kaki. Hal ini berarti bahwa secara bersama-sama kedua tangan dan kedua kaki tubuh memiliki total 106 tulang, dikutip dari Live Science.

Tulang Berisi Jaringan Kenyal

Sumsum tulang merupakan zat kenyal yang ditemukan di dalam tulang besar seperti pinggul, panggul, dan tulang paha. Sumsum tulang menampung sel-sel punca. Sel punca bertanggung jawab untuk memproduksi banyak sel terpenting tubuh kamu, termasuk sel darah, otak, jantung, dan tulang.

Bayi Lahir Memiliki 300 Tulang

Orang dewasa akan berakhir dengan hanya 206 tulang, namun bayi dilahirkan dengan 100 tulang lebih banyak. Seiring bertambahnya usia, tulang-tulang kecil ini akan menyatu untuk membentuk tulang yang lebih besar dari sistem kerangka tubuh.

Tubuh Memiliki 206 Tulang

Melansir Healthline, ada 206 tulang dalam tubuh manusia. Setiap tulang memainkan peran yang sangat penting dalam membuat semua mekanisme tubuh kamu berfungsi dengan baik. Jika tulang patah, semua tulang di sekitarnya tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Itulah beberapa fakta tentang tulang yang berada di dalam tubuh manusia. Mengetahui fakta-fakta tersebut memanglah sangat menyenangkan, namun ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memanglah terasa menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.