Ada Sekitar 18 Ekor Macan Kumbang yang Berkeliaran di Pulau Nusakambangan

Sabtu, 19 Maret 2022

Belasan ekor macan kumbang (Panthera pardus melas) saat ini hidup dihutan yang berada di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Kepala Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah, Dedi Rusyanto, telah menkonfirmasi informasi ini.

“Secara keseluruhan, berdasarkan hasil pemantauan ada sekitar 18 ekor macan kumbang, namun perlu dipantau kembali secara keseluruhan titik dengan motode dan strategi sesuai standar inventarisasi pemantauan jenis satwa liar,” katanya di Cilacap.

Khusus untuk wilayah Cagar Alam (CA) Nusakambangan bagian timur, kata dia, berdasarkan pantauan yang dilakukan BKSDA melalui camera trap diketahui ada empat ekor. Dan yang lainnya tersebar di seluruh wilayah konservasi Nusakambangan.

Menurut Dedi, wilayah Cagar Alam Nusakambangan bagian timur merupakan koridor pergerakan kehidupan macan kumbang tersebut. Menurut Dedi pula, macan tutul di Nusakambangan memiliki insting tidak akan menyerang manusia. “Karena, ketersediaan makanan di dalam hutan sana masih terbilang cukup seperti celeng, kancil, kijang, dan sejumlah hewan lainnya,” katanya.

BKSDA Jawa Tengah, Dedi menambahkan, berupaya bersama pihak lainnya menjaga keberlangsungan ekosistem Nusakambangan melalui kegiatan patroli maupun penanaman pohon di Nusakambangan. Sosialisasi juga diaku rutin dilakukan kepada masyarakat agar tidak mengganggu atau berburu satwa liar yang harus dilindungi.

Dasarnya adalah UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. “Undang-Undang ini mengatur ancaman pidana yaitu penjara lima tahun dan denda sebesar Rp 500 juta bagi pelanggarnya.”

Disinggung mengenai rekaman video di media sosial yang menyebutkan seekor macan tutul Jawa di Nusakambangan terekam video amatir warga, Dedi belum bisa memastikan apakah benar lokasinya berada di Nusakambangan.

Banyak hewan asli pulau Jawa yang belakangan ini sedang terancam punah, kita masyarakat yang seharusnya memperhatikan kondisi ini agar bisa melestarikan hewan-hewan tersebut dan tidak diburu oleh pemburu yang tidak bertanggung jawab. Bisa memperlihatkan hewan-hewan asli Pulau Jawa ini ke anak cucu kita adalah kesenangan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun ada juga kesenangan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot hanya untuk mencari hiburan saja dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.