4 Tips Mengatur Amarah agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Selasa, 17 Mei 2022

Marah merupakan suatu emosi yang sebenarnya wajar dimiliki setiap umat manusia. Namun, seringkali kemarahan bisa memicu rusaknya suatu hubungan bukan hanya untuk pasangan tapi juga kekeluargaan, sehingga sangat penting untuk menghadapinya secara positif.

Setiap orang memiliki respon marah yang sangat berbeda-beda atas sesuatu hal. Bagi kamu yang merasa mudah marah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengendalikan rasa marah dalam diri.

Berpikir Sebelum Bicara

Dikutip dari MayoClinic, saat sedang dalam suasana panas, kamu mungkin ingin mengatakan sesuatu yang berdampak pada rasa amarah. Jika mengalaminya, kamu sebaiknya menahan diri karena pada momen ini, mengatakan sesuatu mungkin hanya akan menjadi sesuatu yang akan kamu sesali dikedepannya.

Agar kamu tidak merasa menyesal maka luangkan waktu beberapa saat untuk menenangkan diri dan sebisa mungkin menggunakan logika pikiran kamu untuk berpikir dengan jernih. Izinkan pula diri kamu untuk meminta nasihat dari orang lain.

Luangkan Waktu

Beri diri sendiri waktu untuk beristirahat sejenak pada waktu-waktu yang cenderung membuat dirimu stres. Memberi diri sendiri waktu untuk tenang bisa membantumu lebih siap untuk menghadapi apa yang ada di depan matamu tanpa adanya rasa kesal dan amarah.

Tenangkan Diri

Setelah kamu sudah bisa untuk berpikir jenih, maka ungkapkan rasa frustasi kamu dengan cara yang tegas, namun tidak konfrontatif. Nyatakan kekhawatiran dan apa yang kamu butuhkan secara jelas tanpa kode dan secara langsung. Upayakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang bisa menyakiti hati orang lain.

Berolahragalah

Aktivitas fisik bisa mengurangi rasa stress yang bisa menyebabkan seseorang menjadi marah. Ketika kemarahan kamu meningkat, cobalah untuk jalan cepat atau berlari. Selain itu, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan untuk dirimu sendiri.

Itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang berada dalam kondisi amarah yang memuncak agar kamu tidak menyesali perbuatanmu sendiri. Menenangkan diri dari amarah adalah hal yang tidak mudah, tapi ketika berhasil melakukannya hal itu mungkin akan menyenangkan dirimu di masa depan. Namun, ada juga hal yang menyenangkan lainnya yaitu permainan slot. Permainan slot memang menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.