3 Tips dari Kementrian Kesehatan, Buka Puasa Anti Begah

Sabtu, 16 April 2022

Sempat begah setelah berbuka puasa? Kamu tidak sendiri. Setelah belasan jam perut kosong dan mata sudah tergoda dengan aneka takjil, kamu serta merta bersantap seolah tidak ada hari esok. Padahal, masih ada agenda makan malam setelah ibadah shalat Maghrib.

Perut begah jelas jadi akibat dari makan yang buru-buru dan dalam porsi yang cukup besar. Berikut ini adalah kunci berbuka tanpa begah dari Kementerian Kesehatan.

Bersantap Secara Bertahap

Sebaiknya, bersantap secara bertahap yang berarti makan tidak langsung dalam porsi yang besar. Saat berbuka, disarankan untuk tidak langsung menyantap makanan berat, melainkan makanan ringan terlebih dahulu.

Cukup berikan asupan air putih segelas dan makanan manis dalam porsi kecil saja. Makanan manis ini tak harus kudapan atau camilan manis tetapi bisa juga dengan kurma. Sebanyak 2-3 buah kurma cukup untuk memberikan tubuh energi sambil menunggu makan malam.

Menu Dengan Gizi Seimbang

Saat makan malam, isi asupan dengan menu-menu bergizi yang seimbang. Di sini menu makan malam disarankan mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, dan mikronutrien yaitu berupa sayuran dan buah.

Kamu sebaiknya menghindari makanan yang manis, asin dan berlemak terlalu banyak. Lemak dalam ranah makronutrien merupakan lemak sehat misalnya lemak dari alpukat, minyak zaitun, dan ikan-ikanan.

Istirahat Cukup

Penuhi kebutuhan tidur kamu agar bisa bangun dengan segar untuk sahur keesokan hari. Setidaknya tidur malam sekitar 7-8 jam untuk orang dewasa. Oleh karenanya, menu berbuka dan makan malam sebaiknya tidak perlu berlebihan sebab bisa mengganggu tidur malam.

Itulah tips dari Kementrian Kesehatan agar ketika berbuka tidak begah. Setelah berbuka rasanya pasti sangat menyenangkan, namun ada juga hal menyenangkan lainnya yaitu bermain slot. Bermain slot memang cukup menyenangkan dan jika menang itu hanyalah bonus dari keberuntungan.

This entry was posted in Berita Terkini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.